Kutil Kelamin Pada Pria Apakah Berbahaya?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Masih banyak yang mempertanyakan, apakah kutil kelamin yang terjadi pada pria itu sifatnya berbahaya?

Baca Juga : Bagaimana Penyebab dan Cara Mencegah Kutil Kelamin

Timbulnya kutil kelamin sering sekali tidak di sadari oleh orang yang terinfeksi. Soalnya ukuran dari penyakit ini sangat kecil dan tidak terlihat oleh kasat mata.

Selain itu, gejala yang timbul juga mirip serta sepele sehingga sering sekali terlewatkan. Lalu apa saja yang harus di perhatikan pada penyakit ini, simak penjelasannya.

Apa Berbahaya Kutil Kelamin Yang Terjadi Pada Pria?

Secara umum, kutil kelamin pada pria tidak dianggap sebagai kondisi yang berbahaya secara langsung. Namun, mereka dapat menyebabkan beberapa masalah dan komplikasi yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Penyakit Menular Seksual (PMS) Lainnya

Infeksi kutil kelamin dapat meningkatkan risiko penularan PMS lainnya, termasuk infeksi HIV.

Kutil pada kulit atau membran mukosa yang terluka atau teriritasi dapat memberikan jalan masuk yang lebih mudah bagi virus lain.

2. Gangguan Emosional

Kutil kelamin dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan tekanan emosional pada pria yang mengalaminya. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat mempengaruhi kehidupan seksual dan kualitas hidup secara umum.

3. Gangguan Dalam Hubungan Seksual

Kutil kelamin dapat mempengaruhi kehidupan seksual seseorang karena mungkin menyebabkan ketidaknyamanan fisik atau perasaan malu.

Beberapa pria mungkin merasa tidak nyaman atau enggan untuk berhubungan seks dengan pasangan mereka karena adanya kutil kelamin.

4. Pertumbuhan Dan Penyebaran

Kutil kelamin pada pria bisa tumbuh dan menyebar ke area genital lainnya, termasuk batang penis, skrotum, dan anus. Pertumbuhan yang luas dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik atau masalah estetika.

5. Kanker

Walaupun jarang terjadi, beberapa jenis virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin dapat berhubungan dengan peningkatan risiko kanker, seperti kanker penis atau anus.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar infeksi HPV tidak berkembang menjadi kanker.

Faktor Risiko Dari Kutil Kelamin

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena infeksi kutil kelamin. Faktor-faktor ini termasuk:

  • Aktivitas seksual yang tidak aman
  • Tidak menggunakan pengaman
  • Mempunyai sistem kekebalan yang lemah
  • Sering merokok
  • Berkontakan langsung dengan penyakit ini

Secara umum, kutil kelamin pada pria tidak dianggap sebagai kondisi yang berbahaya secara langsung. Namun, mereka dapat menyebabkan beberapa masalah dan komplikasi yang perlu diperhatikan.

 

Konsultasi Gratis Secara Online 24 Jam Klinik Kutil Kelamin Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Perbedaan Kutil Kelamin serta Daging Tumbuh Apa?

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Penyakit Sifilis Benarkah dengan Antibiotik?

Bagaimana Pencegahan Dan Apa Penyebab Dari Vulvitis

Tips Pencegahan Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui