Bagaimana Pencegahan Dan Apa Penyebab Dari Vulvitis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pencegahan vulvitis bisa bergantung pada faktor yang bisa di cegah atau tidaknya. Sebenarnya dengan menghindari beberapa faktor risiko saja sudah termasuk mencegahnya.

Baca Juga : Mengenal vulvitis, gejala, dan penanganannya

Penyakit ini biasa menimbulkan gatal pada area kewanitaan yang beserta keputihan. Beragam penyebab dari masalah, bisa dari iritasi karena penggunaan pembersih kewanitaan dan masih banyak lagi.

Bagian vulvitis sendiri terdiri dari vagia, bibir miss v, sampai klitoris. Kulit pada bagian vulva ini beserta sekitarnya cenderung lembab, sehingga rentan sekali mengalamiinfeksi ataupun iritasi.

Ketahui Pencegahan Dan Penyebab Dari Vulvitis

Vulvitis adalah peradangan yang terjadi pada vulva atau area eksternal vagina pada wanita.

Cara Pencegahan Vulvitis

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya vulvitis antara lain:

  • Menjaga kebersihan area genital dengan cara membersihkannya secara lembut dengan sabun yang lembut dan air yang bersih.
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat atau sintetis, seperti celana dalam yang ketat atau pantyhose. Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar vulva.
  • Gunakan produk yang ramah wanita, seperti sabun dan deterjen yang bebas dari pewangi dan bahan kimia keras lainnya.
  • Hindari penggunaan produk yang dapat menyebabkan iritasi pada area genital. Seperti deodoran atau semprotan untuk membersihkan area genital.
  • Pastikan untuk mengganti pembalut atau tampon secara teratur dan hindari penggunaan pembalut atau tampon yang terlalu lama. Karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar vulva.
  • Hindari menggunakan produk untuk membersihkan area genital yang mengandung alkohol atau parfum.
  • Selalu menghindari kontak langsung dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada area genital.
  • Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya, karena hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya vulvitis.
  • Jaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan juga cukup istirahat.
  • Jangan melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan gunakan kondom untuk mengurangi risiko infeksi pada area genital.

Penyebab Vulvitis

Vulvitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Infeksi Bakteri Atau Jamur

Infeksi bakteri seperti infeksi streptokokus atau staphylococcus, serta infeksi jamur seperti kandidiasis, dapat menyebabkan vulvitis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Penyakit Sifilis Benarkah dengan Antibiotik?

Tips Pencegahan Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui